Berita

SMKN 3 Palangka Raya Gelar Pengenalan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) memerlukan peranan bersama semua pihak terkait di sekolah. Bahkan, semua pihak mesti peduli dan ambil bagian sebagai upaya mewujudkan generasi emas 2045.

Terkait dengan itu, SMKN 3 Palangka Raya menggelar Pengenalan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan yang berlangsung di aula sekolah ini pada Jumat, 15 Juli 2022 berlangsung secara luring. Para tim Fasilitasi dan seluruh peserta didik kelas X hadir langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran telah menjadi dasar semua sekolah untuk melaksanakannya. 

Dalam pelaksanaannya Tim Fasilitasi menjelaskan kegiatan P5 ini dilaksanakan satu hari dalam seminggu (hari Jumat) dalam artian seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk projek profil. Dalam hal ini guru yang mengajar P5 berlaku sebagai fasilitator. 

Tim Fasilitasi juga menyampaikan bahwa projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Dalam kegiatan Pengenalan P5 ini Tim Fasilitasi sekolah membagi peserta didik ke dalam kelompok secara acak dari semua jurusan dengan memberikan keluwesan bagi peserta didik untuk memiliki rekan dalam kelompoknya, dan menentukan nama kelompok (nama pahlawan) serta menetukan pengurus inti dalam kelompok tersebut. Setelah itu Tim membagikan kuisoner Bhinneka Tunggal Ika sebagai pemetaan pengetahuan siswa mengenai keberagaman di Indonesia.

Terlihat peserta didik sangat antusias dan senang dengan adanya kegiatan kokurikuler berbasis projek P5 ini sebab di dalam projek penguatan ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mengupas dan memahami tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan lainnya, sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. 

Tim Fasilitasi sekolah menjelaskan Profil Pelajar Pancasila dijabarkan ke dalam enam dimensi sebagai berikut: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong-royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif. Dengan 3 tema yang terpilih yaitu : (1) Bhinneka Tunggal Ika; (2) Gaya Hidup Berkelanjutan; (3) Kebekerjaan.

Tim Fasilitasi mengajak para peserta didik SMKN 3 Palangka Raya khususnya Kelas X bisa mewujudkan dirinnya sebagai sosok pelajar Pancasila yang dapat mengimplementasikan keenam dimensi tersebut. Untuk mewujudkannya, perubahan perilaku yang lebih baik harus terus diajarkan, dibiasakan, dilatih konsisten, menjadi kebiasaan, dan menjadi kebiasaan melalui keteladanan. Jika itu, bisa diimplementasikan, niscaya upaya mewujudkan generasi emas 2045 akan dapat diraih bersama. (P.A.)

Kontak

Alamat :

Jalan R.A Kartini No. 25

Telepon :

0536-3221633

Fax :

0536-3230264

Email :

smk3pky@yahoo.com

Website :

www.smkn3palangkaraya.sch.id

Media Sosial :

Daftar Tamu

Nilai Kami

★ ★ ★ ★ ✩

  Sangat Menarik
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Kurang Menarik

  Hasil Polling

Komentar