Berita

Siapkan Tenaga Kerja Profesional, SMKN 3 Palangka Raya Terapkan Pedoman Budaya Kerja

PALANGKA RAYA, PROKALTENG.COM-Guna menyiapkan sumber daya manusia (SDM) lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memiliki mental paripurna serta berkarakter sebagai pekerja professional, SMKN 3 Palangka Raya tanamkan nilai-nilai budaya kerja untuk para peserta didiknya. Hal ini memiliki tujuan untuk melahirkan generasi pekerja yang handal baik dalam dunia industri, maupun dunia usaha.

Program tersebut, ditandai dengan digelarnya kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman dan Aturan Budaya Kerja Peserta Didik di SMKN 3 Palangka Raya, Jumat (13/11).

Dalam kegiatan yang diikuti oleh tim budaya kerja sekolah yang terdiri dari unsur pendidik dan tenaga kependidikan itu menghadirkan nara sumber dari pihak Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), yakni Operation Manager Fovere Hotel, Chandra Nisa.

Sebagai nara sumber, Chandra Nisa menyambut baik atas kegiatan yang digelar tersebut. Bahkan dirinya banyak memberikan masukan terkait penyusunan pedoman aturan budaya kerja itu.

“kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan penguatan budaya kerja bagi siswa SMK ini. Terutama dalam membentuk karakter personality atau kepribadian dan kedisiplinan siswa, “ ungkapnya di sela kegiatan workshop.

Sementara, mewakili kepala sekolah  SMK Negeri 3 Palangkaraya Hj Sri Sundari S.Pd.,M.Pd yang tengah bertugas di luar, Ketua Kegiatan Penguatan Budaya Kerja Dewi Lina Widyanti, S.Pd  mengatakan bahwa pentingnya program budaya kerja ini adalah untuk memaksimalkan layanan di sekolah. Selain itu, guna mendorong SMK memiliki produk unggulan dan menjalin hubungan kerja dengan dunia industri agar lulusan SMK dapat terserap sesuai kebutuhan dunia kerja.

“Karena nilai-nilai pembentukan budaya kerja lebih dibutuhkan didunia kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja nilai-nilai tersebut antara lain yang seperti integritas, sikap professional, jujur, disiplin, toleransi mampu kerja keras, kreatif dan inovatif serta punya rasa tanggung jawab yang tinggi,”jelas Dewi Lina.

Ditambahkannya, bahwa dalam kegiatan workshop itu sendiri akan menghasilkan buku saku pedoman dan aturan budaya kerja yang diperuntukan bagi para siswa di SMK Negeri 3 Palangkaraya

Program penerapan budaya kerja di lingkungan sekolah tersebut menurut Dewi Lina adalah langkah tindak lanjut dari bimbingan teknis penguatan budaya kerja angkatan II yang diadakan oleh Direktorat SMK Kemendikbud kepala 120 SMK seluruh Indonesia.

“Sekolah kami SMK Negeri 3 Palangkaraya ini, merupakan satu dari tiga SMK di Provinsi Kalteng yang mendapatkan bantuan tersebut,”pungkasnya.

Daftar Tamu



Nilai Kami


★ ★ ★ ★ ✩

  Sangat Menarik
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Kurang Menarik

  Hasil Polling

Komentar